≡ Menu
Pabelog

Ini Dia 5 Alternatif Dropbox Free Cloud Storage Terbaik

Jika kemarin saya bahas tentang dropbox, sekarang saya akan membahas alternatif cloud storage mana saja yang terbaik dijadikan pengganti dropbox.

Untuk saat ini saya memegang setidaknya ada 5 aplikasi terbaik, yaitu Box.net, Google Drive, Sugar Sync, Microsoft SkyDrive, dan Ubuntu One. Jika kamu tahu yang lain tolong kasih tahu yah.

Sedikit catatan, ulasan ini hanya untuk free account. Untuk premium account, saat ini saya belum bisa memberikan ulasannya.

box.net

box.net

box.net

Yang pertama saya suka dari box.net adalah kapasitasnya, jika kamu mendaftar box.net lewat perangkat apple kamu bisa mendapat 25GB secara cuma-cuma. Selain itu maksimal upload untuk dropbox cukup besar sadikit jika dibanding dropbox, yaitu sekitar 250MB (dropbox 200MB).

Jika kamu tidak puas, box.net juga tersedia dengan paket Business dan Enterprise.

Google Drive

Google Drive

Google Drive

Menurut saya, google drive memberikan penawaran paling menarik. Meskipun 5GB untuk free storage, tetapi kamu bisa bermain dengan aplikasi google seperti docs dll.

Masing-masing file document, spreadsheets, and presentations yang kita buat memakai aplikasi google memiliki limit file.

Documents: 1,024,000 karakter, sayangnya untuk file dokumen yang dikonversi ke format google dokumen maksimal upload tidak bisa lebih dari 2MB.

Presentations: File persentasi yang dibuat melalui Google slide bisa sampai 50MB, yang artinya bisa sampai 200 slide.

Untuk selain file dokumen, upload ke google drive bisa sampai 10GB, tidak peduli itu free accoung atau bukan free account.

IDriveSync

IDriveSync

IDriveSync

IDriveSync sebenarnya mirip sekali dengan dropbox, hanya saja untuk fitur free account iDriveSync memberikan free storage sebesar 10GB.

Saya bisa memastikan untuk fitur yang ada di dropbox di iDriveSync juga ada. Selain itu, menurut info yang saya baca, tidak ada batasan besar upload file.

Ada fitur menarik dari IDriveSync yaitu Out of box. apa itu? adalah fitur yang memungkinkan kita untuk meng-cloud kan folder mana saja di PC/laptop kita.

Fitur ini jelas menjadi nilai plus dibanding aplikasi cloud sejenis yang hanya bisa meng-cloud kan satu folder saja.

Klik di sini untuk mendaftar.

Microsoft SkyDrive

SkyDrive

SkyDrive

Sama seperti Google Drive atau siapa saja yang mendaftar google mail, maka mereka mendapatkan akun Google Drive free 5GB. Di SkyDrive juga sama, siapa saya mendaftar hotmail mereke mendapat free cloud storage. Hanya saja untuk SkyDrive besar space yang diberikan lebih besar, yaitu sekitar 7GB.

Selain fitur yang sama dengan Google Drive, SkyDrive juga memiliki fitur auto upload photo untuk windows phone. Setiap kita mengambil gambar, maka katanaya akan otomatis di-upload ke SkyDrive.

Ubuntu One

Ubuntu One

Ubuntu One

Yang terbayang pertama kali ketika mendengar nama ini bagi saya aplikasi ini hanya berjalan di Linux, tetapi ternyata tidak. Aplikasi cloud ini termasuk cross platform, meskipun namanya ubuntu.

Untuk free account Ubuntu one memberi kita space hanya 5GB dan tidak ada informasi berapa besar maksimal upload untuk Ubuntu One.


Sebenarnya, di luar yang lima di atas masih ada beberapa lagi yang cukup bagus seperti SugarSync, Amazon free cloud, dll. Akan tetapi, untuk kemudahan saya rasa yang lima di atas menang.

Saya sendiri diluar dropbox, menyarankan untuk memakai IDriveSync. Jika kamu belum tahu apa itu dropbox kamu bisa membaca nya:

Eh, jangan lupa yah kalau punya alternatif lain komentar yah. :)

Perhatian! Karena banyaknya yang bertanya tentang hosting, berikut saya sebutkan hosting terbaik yang pernah saya pakai selama ngeblog. Jika ada pertanyaan, berikut adalah twitter saya, Google+ saya.

DigitalOcean

kupon digitalocean

Mereka memiliki server di Singapura, USA, dan Belanda. Meskipun harganya sangat murah untuk ukuran Cloud VPS, tetapi sudah memakai SSD dan akses yang sangat cepat dari Indonesia.

Berikut cara membeli DigitalOcean dan Cara instant install WordPress di DigitalOcean.

HawkHost

kupon hawkhost

Sebelum memakai VPS DigitalOcean, saya memakai HawkHost lebih dari dua tahun. Saya sangat puas, meskipun murah, tetapi blog saya sangat cepat dan stabil. Sangat bagus untuk SEO.

Berikut review saya tentang hawkHost dan cara membeli HawkHost lebih murah.

5 comments… add one

  • Khoiril Anwar

    Saya make semua yang di atas plus dropbox dan yang lainnya. Yang paling massive sy gunakan adalah Google Drive dan DropBox. Lebih lengkap di sini mas http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_file_hosting_services

    Salam kenal ya…

    • Nadiar AS

      Salam kenal, Selain Dropbox, saya juga memakai GDrove, ISync, dan Boxnet. Kedua yang paling saya suka setelah Dropbox, ISync, dia memiliki apa yang tidak dipunyai Dropbox, GDrive, dan Box. Nama fiturnya out of the box.

  • Nahdya

    saya mau tanya kalau data sudah bisa tersimpan dalam aplikasi tersebut, terus saya menghapus data tersebut di PC saya, apakah data tersebut masih tersimpan di aplikasi tersebut??

    • Nadiar AS

      Selama Sync data akan terhapus juga.

  • Wah, informasi yang menarik.
    2GB Udah lebih dari cukup buat keperluan office.

    Makasih yah udah sharing

Leave a Comment

Komentar Anda akan dianggap SPAM jika:

  • Menggunakan keyword di form nama
  • Hanya mengucapkan ‘say thanks’
  • Komentar merupakan komentar promosi atau kampanye
  • Memakai shortlink di form url atau bukan url home page

Current day month ye@r *