≡ Menu
Cara Membuat Blog dan Panduan Belajar Ngeblog

Google Chrome atau Firefox? Mana yang kamu pilih

Bagikan:

Google Chrome vs Mozilla Firefox

Google Chrome vs Mozilla Firefox

Sudah sangat lama saya menjadi fans dari mozilla firefox, saya suka karena fleksibel dan banyak add-ons nya.

Lalu ketika google datang dengan chrome-nya, saya sedikit tertarik untuk mencobanya. Awal-awal saya masih belum tertarik, tetapi ketika versi 10 keluar, timbul pertanyaan.

Browser mana yang saya pilih? Chrome atau Firefox? Mana yang terbaik?

Oke, saya asumsikan kamu seorang neter kebanyakan. Saya yakin kamu pasti memakai firefox.

Apakah ada yang salah?

Tidak, karena saya juga pernah menjadi fans berat dari mozilla firefox.

Google Chrome vs Firefox

Kenapa Saya memakai Firefox?

Jujur saja, saya kenal internet belum lama, ekitar tahun 2006 atau 2007 an. Dulu saya memakai internet hanya sebatas mencari informasi dan download game HP. Saya belum memerhatikan browser atau perangkat pendukung lainnya.

Saat itu browser yang saya pakai adalah IE6, tetapi ketika saya sudah kenal firefox 3.0, saya beralih dan memutuskan untuk meninggalkan IE.

Alasannya?

Lebih cepat, menu tab lebih enak, memiliki add-ons youtube downloader, dan lebih bersih. Saya yakin kamu juga tahu seperti IE6 saat itu.

Ketika saya masuk dunia blogging, saya baru menyadari perbedaan yang sangat besar antara firefox dan IE6. Sebagai user, kita pasti tidak tahu dibelakang layar sebuah internet. Tetapi, jika kamu sudah belajar html dan css, kamu akan tahu perbedaannya.

Beralih ke Browser Chrome

Chrome dikenalkan google tahun 2008, namun saat itu masih sedikit yang memakai chrome. Saya sendiri masih belum tertarik dengan chrome, karena mozilla firefox bisa memberikan beragam fitur pada aktivitas saya dengan add-ons nya.

Ketika google chrome hadir dengan versi 10, saya tertarik dan iseng-iseng mencobanya. Kesan pertama saya adalah nyaman dan bersih.

Meskipun firefox memiliki fitur multi tab, tetapi entah kenapa saya rasa google chrome lebih nyaman. Selain itu setelah saya coba beberapa kali diblog, saya merasakan bahwa browser chrome lebih cepat.

Sampai saat itu saya masih memakai firefox sebagai browser default di PC saya.

Ketika datang saatnya PC saya mati, meskipun data saya bisa diselamatkan. Tetapi bookmark dan semua data yang ada pada firefox hilang. Saya sempat lemas saat itu, semua link-link tugas papper saya ada di sana soalnya.

Untungnya dulu saya pernah memakai chrome, di chrome saya sempat membookmark link-link saya. Tanpa saya sadari ketika saya login dengan google account saya, browser chrome tersinkronisasi dengan akun saya. Semua bookmark yang saya simpan di chrome sebagian terselamatkan.

Dari sana saya memutuskan untuk beralih ke chrome.

PS. Di firefox, kamu juga bisa mensinkronisasi data browser kamu dengan membuat akun terlebih dahulu.

Keunggulan dan Kekurangan dari Google Chrome dan Firefox

Mozilla firefox

Jika kamu sudah nyaman dengan firefox, kamu tidak usah memaksakan beralih ke chrome. Tidak ada yang salah denganfirefox, setiap updatenya firefox selalu lebih baik.

Salah satu keunggulan firefox yang paling utama adalah komunitas. Wajar karena firefox bersifat open source, selain itu add-on yang disediakan sangat banyak.

Sayangnya beberapa kelamahan pada firefox menjadi titik keritis bagi seorang blogger atau orang yang suka bertransaksi online.

Menurut studi yang dilakukan Accuvant, salah satu kelemahan firefox dari Chrome adalah fitur keamanannya. Firefox relatif lebih rawan jika dibandingkan dengan chrome.

Selain itu, kelamahan lain firefox ada pada tabnya. Jika satu tab crash, maka tab yang lainpun akan ikut crash. Hal ini berbeda dengan chrome, jika salah satu tab di chrome crash, maka tab itu saja yang crash.

Google Chrome

Alasan saya tetap memakai chrome, selain fitur keamannannya adalah fitur sinkronisasinya. Saya dengan akun google saya, bebas membongkar pasang chrome tanpa takut kehilangan data.

Jika akun kamu tersinkronisasi dengan chrome, maka otomatis bookmark, add-ons. dan data-data yang kamu simpan di chrome lainnya akan tersimpan di akun google kamu. Karena itu saya tidak perlu lagi takut kehilangan data.

Meskipun firefox juga memiliki fitus sejenis, tetapi saya merasa lebih aman jika data yang saya simpan ada di akun google saya.


Nah itu alasan personal saya, bagaimana dengan kamu? Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan update terbaru :)

About the author: Perkenalkan saya seorang mahasiswa dan part time blogger. Saya menulis tips & trik blogging, wordpress, blogging for money, SEO, VPS, adsense, dll. Google Plus Saya, Twitter Saya.

0 comments… add one

Leave a Comment

Komentar Anda akan dianggap SPAM jika:

  • Menggunakan keyword di form nama
  • Hanya mengucapkan ‘say thanks’
  • Komentar merupakan komentar promosi atau kampanye
  • Memakai shortlink di form url atau bukan url home page

Current day month ye@r *